Apa itu FPI ?



Apa itu FPI ?


Apa itu FPI - FPI (Front Pembela Islam) merupakan salah satu ormas massa islam yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Banyak pihak yang mengecam aksi-aksi penertiban (sweeping) yang cenderung anarkis dan mengganggu ketertiban umum. Wikipedia, menjelaskan bahwa FPI adalah organisasi massa islam bergaris keras yang berpusat di Jakarta. FPI memiliki kelompok Laskar Pembela Islam, kelompok semimiliter yang kontroversial karena melakukan aksi-aksi anarkis. Pada awalnya tujuan FPI melakukan penertiban-penertiban terhadap kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat islam pada Bulan Ramadhan, namun dalam aksi-aksi mereka umumnya berujung kekerasan.

Media televisi, radio, cetak, dan online sering sudah banyak memberitakan aksi-aksi FPI yang terkenal dan kontroversial sejak tahun 1998.  Dari pemberitaan ini muncul berbagai sikap, ada yang menolak aksi-aksi FPI, bahkan sampai pada tuntutan untuk membubarkan. Namun, di pihak lain banyak juga yang mendukung, bahkan fanatik terhadap FPI.  Ada banyak pro kontra yang menjadi perdebatan masyarakat Indonesia mengenai keberadaan FPI dan aksi-aksi anarkisnya.  Perbedaan sikap dan pandangan tidak hanya antara pihak muslim dan non muslim, bahkan di internal muslim sendiri, seringkali juga terjadi perdebatan mengenai FPI.

Apa itu FPI - Dalam sejarah berdirinya FPI, laman Wikipedia menjelaskan bahwa FPI dideklarasikan pada 17 Agustus 1998 (atau 24 Rabitus Tsani 1419 H) di halaman Pondok Pesantren Al Um, Kampung Utan, Ciputat, Jakarta Selatan. Deklarasi ini dilakukan oleh sejumlah Habib, Ulama, Mubaligh dan Aktivis Muslim da disaksikan oleh ratusan santri yang berasal dari daerah Jabotabek. Organisasi FPI didirikan hanya empat bulan setelah runtuhnya Orde Baru yang ditandai dengan kejatuhan Soeharto. Seperti yang kita ketahui, di zaman Orde Baru, segala kegiatan dan tindakan ekstremis tidak ditolerir dalam bentuk apapun. 

Latar Belakang pendirian FPI
Tokoh-tokoh organisasi FPI mengklaim bahwa yang menjadi latar belakang pendirian organisasi ini antara lain:
  • Adanya penderitaan panjang umat Islam di Indonesia karena lemahnya kontrol sosial penguasa sipil maupun militer akibat banyaknya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh oknum penguasa
  • Adanya kemungkaran dan kemaksiatan yang semakin merajalela di seluruh sektor kehidupan
  • Adanya kewajiban untuk menjaga dan mempertahankan harkat dan martabat Islam serta ummat Islam

    Citra FPI
    Banyak masyarakat semakin  membenci FPI dan menuntut agar organisasi ini dibubarkan, terutama setelah kericuhan yang terjadi pada Aksi 4 November 2016 lalu yang menuntut agar Gubernur DKI Jakarta ditangkap dan diadili atas kasus penistaan agama. Dibalik membawa seruan membela islam, banyak juga pihak menilai bahwa peristiwa aksi 4 November tidak murni gerakan kepentingan membela islam, tapi di dalamnya terdapat kepentingan politik yang mengupayakan agar Ahok tidak ikut berkompetisi dalam pilkada 2017.

    Pada akhirnya, gerakan Bela Islam menjadi sebuah gerakan yang tidak murni untuk kepentingan agama, melainkan pertarungan politik dengan berupaya menggagalkan lawan politiknya.

    Pemerintah, dalam hal ini Presiden Jokowi, Kepolisian dan BIN harus lebih jeli dalam memperhatikan gerakan-gerakan yang dibangun oleh massa.  Gerakan-gerakan ini bisa berdampak terhadap disintegrasi bangsa Indonesia, krisis ekonomi, krisis sosial dan menyebabkan gangguan keamanan negara Indonesia.

  • Referensi:
    1. Wikipedia
    2. Tempo.co
    3. KOMPAS.com



   

DAFTARKAN EMAILMU UNTUK DAPAT BUKU ATAU ARTIKEL GRATIS

Seorang Manusia Biasa Yang Candu Membaca, Menulis dan Berdiskusi. Berkat Candu Itu Saya Menetapkan Hati Menjadi Blogger. Nice To Meet You Guys..!

Post a Comment
GET NOTIFICATIONS