4 Jenis Kompetensi Guru Yang Harus Dimiliki Guru Profesional

4 Jenis Kompetensi Guru Yang Harus Dimiliki Guru Profesional
4 Jenis Kompetensi Guru Yang Harus Dimiliki Guru Profesional

4 Jenis Kompetensi Guru Yang Harus Dimiliki Guru Profesional - Dengan ditetapkannya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kualitas guru, karena guru merupakan komponen penting dan bersifat sentral dan dominan dalam proses pembelajaran. Bahkan, banyak pihak yang berpandangan bahwa guru menjadi komponen utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Maka, kompetensi guru menjadi hal penting dalam upaya memajukan dunia pendidikan kita.

Kompetensi guru dapat diartikan sebagai kebulatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diwujudkan dalam bentuk perangkat tindakan cerdas dan penuh tanggungjawab yang dimiliki seseorang untuk memangku jabatan guru sebagai profesi.  

Guru yang profesional merupakan kunci keberhasilan proses pembelajaran di kelas, sehingga upaya untuk meningkatkan kualitas guru harus tetap dilakukan secara berkesinambungan. Dalam pendidikan Indonesia, seorang guru harus memiliki 4 kompetensi agar dapat menjadi guru yang sesuai dengan cita-cita dan tujuan pendidikan.

Adapun 4 Kompetensi Guru itu adalah sebagai berikut:
  1. Kompetensi Pedagogik, yaitu seorang guru diharapkan mampu mengelola pembelajaran peserta didik, merancang dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran dan mengembangkan peserta didik dengan mengaktualisasikan potensinya  
  2. Kompetensi Profesional, yaitu seorang guru harus mampu menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam, menguasai keilmuan bidang studi dan langkah-langkah kajian kritis pendalaman isi bidang studi
  3. Kompetensi Kepribadian, yaitu seorang guru harus merupakan pribadi yang mantap, stabil, dewasa, berwibawa dan berakhlak mulia. Di samping itu, memiliki norma hukum, religius, sosial, disegani dan jujur serta mampu menilai kerja sendiri secara mandiri
  4. Kompetensi Sosial, yaitu kemampuan komunikasi dan bergaul dengan peserta didik, rekan guru, perangkat sekolah dan masyarakat. Selain itu, guru juga harus menarik, empati, kolaboratif dan suka menolong, serta mampu menjadi panutan atau teladan bagi orang banyak, terutama kepada anak didiknya.
Sekian artikel dari BELAJAR-BERJUANG.COM, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih!

baca juga:





DAFTARKAN EMAILMU UNTUK DAPAT BUKU ATAU ARTIKEL GRATIS

Seorang Manusia Biasa Yang Candu Membaca, Menulis dan Berdiskusi. Berkat Candu Itu Saya Menetapkan Hati Menjadi Blogger. Nice To Meet You Guys..!

Post a Comment
GET NOTIFICATIONS