5 Cara Belajar Paling Efektif dan Efisien Yang Cocok Kamu Coba

5 Cara Belajar Yang Paling Efektif dan Efisien -  Pernah suatu ketika, teman saya bertanya: "bagaimana menurutmu cara belajar yang efektif dan efisien?", terus terang saya tidak bisa langsung menjawab pertanyaan ini. Bahkan kalau saya refleksi juga dari cara/metode belajar yang saya gunakan, setelah membaca beberapa literatur, ternyata cara belajar yang saya gunakan juga masih memiliki banyak kelemahan. Karena hal ini, maka saya tertarik mempelajari tentang cara belajar yang efektif dan efisien.

5 Cara Belajar Paling Efektif dan Efisien Yang Cocok Kamu Coba
5 Cara Belajar Paling Efektif dan Efisien Yang Cocok Kamu Coba / Sumber foto: Internet
Dalam teori belajar, dikenal bahwa keberhasilan sebuah proses belajar dapat diukur melalui perubahan (pertambahan/perkembangan) kemampuan siswa atau subjek yang belajar. Namun, dalam proses belajar antara yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan. Ada yang membutuhkan waktu yang lama, tapi ada juga yang dapat memahami dalam tempo yang lebih cepat.

Di sisi lain, ada juga keberhasilan seseorang dipengaruhi oleh situasi lingkungan belajarnya. Misalkan, ada orang ketika belajar harus ditempat yang sunyi, ada juga yang belajar harus mendengarkan musik. Selain itu, ada pula yang lebih mudah memahami dengan membaca, ada yang melalui mendengar dan ada pula yang melalui menulis. Ada banyak kondisi yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar seseorang.

Mengapa harus efektif dan efisien? 

Hal ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi informasi dan perkembangan masyarakat yang mempengaruhi waktu dan cara-cara orang untuk belajar. Efektifitas dan efisiensi menjadi tujuan banyak orang, agar mampu bersaing. Konsep efektifitas dan efisiensi tidak hanya berlaku di bidang ekonomi dan pembangunan, tetapi dalam belajar juga perlu.

Di tengah relatifitas cara/metode belajar yang ada, kali ini belajar-berjuang.com akan mencoba membagikan info tentang 5 Cara Belajar Yang Paling Efektif dan Efisien. Tulisan ini lahir dari pertanyaan teman dan penelitian kecil-kecilan melalui buku dan internet. Namun, dalam beberapa bagian juga mengandung experience basic, atau berbasis pengalaman pribadi.

Baca juga: Pendekatan, Metode dan Model-model Belajar

Inilah 5 Cara Belajar Yang Paling Efektif dan Efisien:

Cara #1. Belajarlah Ketika Anda 'Siap' Untuk Belajar

Apa maksudnya belajar ketika Anda 'siap' untuk belajar? Hal ini merujuk pada kesiapan (baik dari segi waktu dan mental) untuk belajar. Sepintar apapun seseorang, ketika waktu belajarnya tidak tepat, maka akan berpengaruh pada hasil belajar. Misalkan Anda ingin belajar Matematika, tetapi di samping Anda ingin belajar, ada hal lain yang menggangu anda. Hal ini akan sangat mengganggu pikiran kita, sehingga tidak bisa fokus atau konsentrasi dalam belajar.

Di samping itu, jangan pernah memaksakan diri untuk belajar ketika pikiran sedang kacau. Kacau maksudnya ketika ada masalah yang harusnya segera perlu kamu selesaikan. Ketika kita memaksakan diri untuk belajar dalam situasi mental yang tidak baik, maka hasil belajar kita juga tidak akan baik. Bahkan untuk memulainya pun, Anda akan bingung.

Cara #2. Ciptakan Tempat Belajar Yang Nyaman

Apa maksudnya Tempat Belajar Yang Nyaman?Kalau berbicara nyaman itu relatif. Ada yang merasa nyaman ketika sendirian, ada juga yang nyaman ketika belajar dengan berkelompok. Ada yang nyaman di ruangan tertutup, ada pula yang merasa nyaman di tempat yang terbuka. Ada yang nyaman belajar di tempat yang tidak terlalu terang, ada pula yang memilih ruangan yang pencahayaannya maksimal. Inilah alasan saya mengatakan bahwa maksud 'nyaman' bagi setiap orang itu relatif.

Namun, secara umum orang yang ingin serius belajar memilih tempat yang lebih sepi/menyediri dan terhindar dari hal-hal yang mungkin mengganggu proses belajar. Selain itu, ketersediaan fasilitas (misalnya: meja, kursi, lampu belajar dan sebagainya) turut mempengaruhi proses belajar seseorang. Kegiatan belajar yang saya alami, sering tidak nyaman karena kurangnya fasilitas seperti disebutkan sebelumnya.

Pada intinya, untuk menciptakan tempat belajar yang nyaman membutuhkan dukungan fasilitas dan terhindar dari gangguan-gangguan yang berasal dari luar diri 'pembelajar'. Cari atau ciptakanlah tempat yang menurut Anda nyaman sebagai tempat belajar, karena hal ini akan mempengaruhi semangat dan proses selama Anda belajar.

baca juga: Belajar dan Pembelajaran

Cara #3. Belajarlah Dengan Peralatan dan Bahan Yang Lengkap

Seperti yang dimaksud dalam cara yang ke-3, ketersediaan perlengkapan dan bahan akan mempengaruhi kualitas belajar. Contoh peralatan yang dimaksud, meja-kursi, komputer/laptop, internet, buku-buku, pena atau pensil, dan alat peraga yang mendukung materi belajar. Di sekolah misalnya, ketersediaan peralatan dan bahan yang ada di sekolah biasanya akan mempengaruhi kualitas belajar siswa. Hal ini tidak hanya untuk belajar di sekolah, tetapi juga belajar di rumah.

Kita akan kebingungan bahkan tidak bisa mulai belajar tanpa ada alat dan bahan yang mendukung pembelajaran. Jadi, untuk mencapai hasil belajar yang efektif dan efisien, upayakanlah tersedia peralatan dan bahan yang lengkap.


Cara #4. Belajarlah Secara Berjenjang dan Kontinu atau Berkelanjutan

Belajar adalah aktifitas yang perlu latihan dan berjenjang. Latihan dalam belajar tentunya tidak dilakukan hanya sekali-sekali, tapi harus dilakukan secara berkelanjutan atau kontinu. Berjenjang maksudnya materi belajar yang dipelajari harus secara berurut. Contohnya, dalam matematika sebelum kita belajar mengenai perkalian dan pembagian, maka terlebih dahulu kita belajar tentang penjumlahan dan pengurangan. Tidak mungkin seseorang mengerti perkalian dan pembagian sebelum mengerti penjumlahan dan pengurangan.

Selain itu, dalam proses belajar juga diperlukan pengulangan-pengulangan agar semakin mahir dan tangkas dalam memahami sebuah materi belajar. Hal ini perlu untuk 'modal awal' untuk mempelajari materi belajar berikutnya. Inilah yang sering dilupakan, baik di sekolah, bimbel, atau tempat belajar lainnya. Sehingga, dalam realitanya banyak 'materi' ajar yang telah dipelajari siswa tapi hasilnya tidak efektif dan efisien. Pemahaman siswa tetap minim, karena tidak mendapat pengulangan/latihan-latihan yang baik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Cara #5. Belajarlah Secara Bersama-sama

Ada pepatah lama mengatakan "berat sama dipikul, ringan sama dijinjing". Hal ini mengajarkan kepada kita perlunya bekerjasama dalam melakukan segala sesuatu. Demikian juga dalam belajar. Akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, cepat dan lengkap ketika dilakukan bersama-sama dalam kelompok. Hanya perlu kita perhatikan, kelompok yang terlalu banyak anggota biasanya tidak mendapatkan hasil belajar yang efektif dan efisien. Menurut saya, kelompok yang ideal itu cukuplah 4-6 orang.

Selain untuk hasil yang efektif dan efisien, belajar dengan berkelompok juga akan mempunyai nilai lebih daripada belajar secara individu. Misalnya dengan kelompok, akan terbangun komunikasi dan interaksi antar pelajar, kebiasaan untuk mengutarakan dan mendengar pendapat (berdemokrasi). Dengan dinamika kelompok yang baik, akan menciptakan proses belajar yang baik dan terbentuknya karakter atau watak yang demokratis.

Cukup sekian pembahasan kita tentang 5 Cara Belajar Yang Paling Efektif dan Efisien. Saya tidak mengatakan bahwa hanya yang ke-5 ini saja cara-cara belajar yang efektif dan efisien. Semuanya kembali kepada pembaca untuk memilih dan menentukan cara-cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Simak juga:











DAFTARKAN EMAILMU UNTUK DAPAT BUKU ATAU ARTIKEL GRATIS

Seorang Manusia Biasa Yang Candu Membaca, Menulis dan Berdiskusi. Berkat Candu Itu Saya Menetapkan Hati Menjadi Blogger. Nice To Meet You Guys..!

Post a Comment
GET NOTIFICATIONS