Inilah 5 Universitas Terbaik Di Indonesia Saat Ini [UPDATE TERBARU]

5 Universitas Terbaik Di Indonesia Saat Ini - Secara umum, setiap orang pasti berharap untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik selama mengenyam pendidikan, terutama dalam tingkatan perguruan tinggi.  

Selain pemilihan jurusan, pemilihan universitas merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Mengapa? Seandainya Anda salah pilih universitas misalnya, maka Anda tidak akan menikmati perkuliahan. Pada akhirnya Anda ingin pindah, berhenti, atau 'loyo' mengikuti perkuliahan.

Untuk para lulusan SMA/SMK sederajat,  menentukan pilihan tempat kuliah adalah hal yang penting. Hal ini akan mempengaruhi prestasi (akademik/non akademik) selama berada di kampus. Pilihlah universitas/perguruan tinggi yang mempunyai pendukung belajarmu secara maksimal. Misalnya kualitas sarana dan prasarana, kualitas tenaga pengajar, sistem perkuliahan, kegiatan intra/ekstra kampus, dan lain-lain.

Apakah Anda sudah mempunyai gambaran kemana akan kuliah? Kalau sudah puji Tuhan, kalau belum, maka Anda harus baca artikel ini hingga selesai. Ok?

Untuk kali ini, belajar-berjuang.com akan berbagi informasi tentang 5 Universitas Terbaik di Indonesia saat ini.   

5 Universitas Terbaik Di Indonesia saat ini:

#1. Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)

Perguruan tinggi terbaik urutan pertama masih diduduki oleh Universitas Indonesia (UI). Universitas Indonesia dikenal sebagai kampus yang modern, komperehensif, terbuka, multi budaya dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.  

UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas atau institusi akademik yang terkemuka. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin imu yang ada di lingkupnya.

Universitas Indonesia berdiri sejak tahun 1849 dan UI merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, Ui secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia.

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area, Salemba dan Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar dengan atmosfir green campus karena hanya 25 % lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75 % wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota. Sebuah area yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi tenang dan asri.

#2. Universitas Gajah Mada (UGM)
Universitas terbaik kedua diduduki oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Universitas yang satu ini didirikan pada 19 Desember 1949 dan berada pada peringkat 540 Universitas terbaik di dunia. Kantor pusat UGM berlokasi di kampus Bulaksumur Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini UGM memiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi dan 1 Sekolah Pascasarjana, dengan jumlah program studi mencapai 251 program studi.

Dari laman UGM, diberitahukan bahwa jumlah mahasiswa UGM mencapai 56.000 lebih. Program yang ditawarkan mulai dari Sarjana hingga gelar Master. Untuk masuk ke Universitas ini, calon mahasiswa harus mengikuti seleksi ujian. Untuk teknis seleksi ujiannya dapat melalui SNMPTN dan SBMPTN. Untuk Pascasarjana dan Master dapat dilakukan dengan mengikuti seleksi khusus untuk ujiannya.

#3.  Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perguruan tinggi yang satu pasti sudah kita kenal. Banyak tokoh-tokoh nasional sudah dilahirkan dari lembaga pendidikan tinggi ini, salah satunya Bung Karno, Sang Proklamator.  Berbeda dengan dua Universitas diatas, institut yang sering disebut sebagai ITB didirikan pada tahun 1959 dan berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Menurut data Kemenristek Dikti, ITB memiliki jumlah mahasiswa antara 10.000 hingga 15.000 orang. Mahasiswa asing juga diperkenankan untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi yang satu ini. Saat ini, untuk tingkatan internasional, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menempati peringkat 862 Universitas terbaik di dunia.

#4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro sering disebut UNDIP merupakan salah satu universitas yang diakui kualitasnya di Indonesia. Universitas terbaik keempat ini didirikan pada tahun 1957. Selain dikenal sebagai salah satu universitas terbaik, UNDIP juga berhasil mendirikan pusat pendidikan terbaik dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 45.000 orang.

Secara geografis, Universitas yang satu ini berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Namun, karena pengembangannya, UNDIP telah memiliki cabang di Jepara. Di tingkatan internasional, universitas ini mendapat peringkat ke 1270.

#5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Perguruan tinggi yang satu ini juga menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Institut Pertanian Bogor atau sering disingkat IPB memiliki jumlah mahasiswa antara 10.000-15.000-an. Pada awalnya, IPB adalah sebuah fakultas pertanian dari Universitas Indonesia, IPB diresmikan pada tahun 1963.

IPB adalah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang berlokasi di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Bogor. Namun, perguruan tinggi yang satu ini memiliki lima kampus yang tersebar di beberapa lokasi dengan peruntukan khusus.

Sekian dan terimakasih!
Semoga bermanfaat yoo...

Simak juga: Paulo Freire Tokoh Pendidikan Dunia
Situs Terbaik Untuk Belajar Bahasa Asing disini  











DAFTARKAN EMAILMU UNTUK DAPAT BUKU ATAU ARTIKEL GRATIS

Seorang Manusia Biasa Yang Candu Membaca, Menulis dan Berdiskusi. Berkat Candu Itu Saya Menetapkan Hati Menjadi Blogger. Nice To Meet You Guys..!

Post a Comment
GET NOTIFICATIONS