Inilah 5 Situs Terbaik Untuk Belajar Bahasa Asing Online (Gratis), Pelajari Caranya dan Semoga Kamu Mahir Berbahasa

5 Situs Belajar Bahasa Asing Online (Gratis) - Di era globalisasi sekarang ini dibutuhkan kemampuan bahasa dalam menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional tentunya menjadi prioritas orang banyak. Karena dengan mampu berbahasa Inggris, akan banyak kemudahan dan manfaat yang kita rasakan. 

Misalkan saja ketika kita ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang menggunakan bahasa asing. Atau, jika kita ingin bepergian ke luar negeri maka sedikitnya kita perlu menguasai bahasa inggris agar mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang asing. 

Namun, dalam pembelajaran bahasa asing (misalnya Bahasa Inggris, Perancis, Mandarin dsb) yang kita pelajari di sekolah hingga perguruan tinggi belum memadai untuk mendukung kemampuan dalam berbahasa asing.

Simak juga: Cara Belajar Paling Efektif dan Efisien Yang Cocok Anda Coba

Pengalaman Belajar Bahasa Inggris Saya

Saya sudah belajar bahasa Inggris sejak kelas 5 SD hingga mahasiswa, namun kemampuan bahasa inggris saya masih minim. Entah metode pengajaran gurunya yang salah atau memang saya yang kurang pintar, saya kurang tahu pasti. 

Namun, hampir semua siswa se-kelas saya dulu sampai sekarang masih asing dengan berbicara bahasa inggris. Sebagai langkah alternatif, saya belajar inggris secara otodidak, baik dengan mencatat+menghapal 5 kata perhari, mendengarkan musik, menonton film, dan langsung prakter Speaking dengan teman-teman. 

Memang, hasilnya terkadang kurang signifikan. Tapi cukuplah untuk modal berbahasa. Setidaknya ketika ada orang Bule, ya bisalah nyambung..

And finally, ketika saya berselancar di Om Google mengenai cara belajar bahasa inggris, saya menemukan situs yang fokus untuk belajar bahasa asing. 

Namun, ternyata ada cara-cara belajar bahasa asing yang dapat kita lakukan dengan menggunakan internet, baik melalui aplikasi maupun website.  Setelah mencoba beberapa situs belajar bahasa asing ,vocabulary saya bertambah, pelafalan juga semakin oke, dan masih banyak lagi manfaatnya. (Tapi saya fokus untuk bahasa Inggris dulu, nanti ketika sudah mahir saya ingin belajar bahasa Mandarin).
  
Baiklah, kita langsung saja ke topik inti artikel kali ini.

Simak juga: Belajar dan Pembelajaran

5 Situs Belajar Bahasa Asing Online (Gratis)

5 Situs Belajar Bahasa Asing Online (Gratis)
Situs Terbaik Belajar Bahasa Asing

#1. Belajar Bahasa Asing Dilengkapi dengan Permainannya di Duolingo

Doulingo adalah situs dan aplikasi belajar multibahasa gratis yang paling populer di dunia. Aplikasinya dapat kita download dan gunakan melalui Android, iOS dan Windows Phone. Situs belajar bahasa ciptaan Luis von Ahn dan Severin ini diluncurkan pada 30 November 2011. 

Wikipedia mencatat bahwa situs belajar bahasa yang satu ini  menyediakan 66 kursus bahasa yang berbeda. Hingga saat ini, pengguna Duolingo semakin bertambah pesat. Barangkali kemudahan dan tidak perlu bayar alias gratis, menjadi nilai lebih situs ini hingga disukai orang-orang yang ingin belajar bahasa.

Untuk penggunaannya, Duolingo mengijinkan anda untuk belajar bahasa yang berbeda, seperti Spanyol, Inggris, Perancis, Italia dan Portugis. Kita tinggal memilih bahasa apa yang ingin kita pelajari.

Salah satu manfaat Duolingo (sekaligus  menjadi kelebihannya dengan situs belajar bahasa yang lain) yaitu penggunaan konsepnya yang "gamification" (belajar secara asyik melalui permainan). Kemudian, kita juga diberikan opsi metode: metode santai (5 menit/hari), metode biasa (10 menit/hari), metode serius (15 menit/hari) dan metode gila (20 menit/hari). Semua metode itu baik, silahkan pilih yang sesuai dengan minat dan keseriusanmu.

Mau belajar bahasa asing? Silahkan kunjungi situs Duolingo atau download applikasinya untuk android kamu.

Simak Juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar 

#2. Belajar Bahasa Asing dengan tips yang menarik di Busuu

Buusu.com termasuk salah satu situs terbesar untuk belajar bahasa asing. Disini kita dapat belajar secara gratis maupun yang premium (berbayar).Dengan Buusu, kita dapat belajar dan menambah kosa kata, grammar maupun pelafalan.

Metode belajarnya mungkin sedikit berbeda dari Duolingo. Dimana bedanya? Kalau di Buusu tidak tersedia metode permainan, melainkan langsung memandu kita untuk menemukan kosa-kosa kata baru atau juga belajar bagaimana grammar digunakan.

Jadi, apa kelebihan situs belajar bahasa asing yang satu ini? Ya.. yang paling menonjol adalah tersedianya tips-tips menarik yang bisa meningkatkan kemampuan belajar bahasa kita.

Mau belajar di Busuu, silahkan kunjungi situsnya.

#3. Belajar Bahasa Asing dengan pembelajaran visual di Learnlanguage.com

Mungkin kita rata-rata sudah pernah belajar bahasa inggris dengan membaca buku atau modul yang penuh berisi tulisan, atau kamus yang penuh kata-kata yang terkadang saking banyaknya membuat kita bosan. Jika Anda mengalami pembelajaran yang demikian, saat ini bisa mencoba dengan metodel visual di situs Learnlanguage.com.

Situs Learnlanguage.com bisa cocok untuk orang-orang yang sulit belajar secara konvensional. Mengapa? Karena di situs ini ada lebih dari 1.400 kata yang bisa dipelajari berbasis visual. Selain itu, ada juga yang berupa audio interaktif. Jadi, ketika kita ingin kemampuan Conversationmu.

Oia, dalam situs ini kita dapat belajar berbagai bahasa asing, tidak hanya bahasa Inggris.

Mau belajar disini, silahkan kunjungi situsnya, ikuti panduan yang tersedia. Konsisten dan semangat yang lebih merupakan kunci untuk belajar disini.

#4. Belajar Bahasa sekaligus Budaya asing di Openculture.com

Openculture.com tidak jauh berbeda dengan situs-situs sebelumnya. Kalau di Duolingo, istimewanya ada pembelajaran yang berbasis Game atau permainan, sedangkan Busuu menyediakan tips-tips menarik untuk belajar bahasa,  terakhir Learnlanguage.com memiliki keistimewaan pembelajaran  berbasis audio dan visual.

Nah, untuk situs yang akan kita bahas pada bagian ini memiliki kelebihan, dimana selain kita belajar bahasa, kita juga dapat belajar mengenai budaya di negara yang bersangkutan. Caranya, dalam pembelajarannya, Openculture juga menyediakan wawasan sastra dan juga film.

Jadi, untuk Anda yang ingin cepat mahir bahasa asing, inilah situs belajar yang tepat. Mengapa saya katakan tepat? Karena ketika kita belajar budaya suatu negara, maka itu kelak akan mempermudah kita untuk berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan situasi di negara yang bersangkutan.

Kemudian, yang paling istimewa dari Openculture adalah tersedianya berbagai bidang ilmu yang ingin kita pelajari. Mau belajar ilmu hukum, filsafat, astronomi dan lain-lain? Silahkan berkunjung dan belajar di situs ini. Ada banyak pilihannya, semua tergantung kita untuk belajar yang mana.

Simak juga: Belajar Teologi Pembebasan

#5. Belajar Bahasa dengan Asik di Memrise.com

Memrise memiliki metode unik sendiri untuk belajar bahasa asing. Uniknya dimana? Memrise mengajak pengguna menghafal kosa katanya. Dalam satu tingkatan, anda akan diminta untuk menghafalkan arti 3 kata melalui berbagai pertanyaan. Jika Anda salah menjawab, maka akan dilakukan pengulangan. Kalau sudah benar menjawab semua pertanyaan, kamu akan diberikan tambahan kosa kata lagi.

Dengan metode menghafal yang disediakan oleh Memrise, jika kita serius untuk belajar dan menambah kosa kata setiap harinya. Kelas yang tersedia di situs ini juga bermacam-macam. Kamu bisa ikut kelas TOEFL, IELTS dan banyak lagi. Silahkan pilih bagian yang ingin Anda pelajari.

Namun, sebelumnya mungkin perlu kita tahu, untuk belajar di situs ini dengan mengambil kelas-kelas khusus, kemampuan bahasa Inggris Anda sudah memadai, karena bahasa pengantar yang dgunakan disini adalah bahasa Inggris.

Nah, kita sudah selesai membahas tentang 5 Situs Belajar Bahasa Asing Online (Gratis) . Setelah melihat kelebihan dan kekurangan ke-5 situs diatas, silahkan pilih yang mana menurut Anda paling cocok dengan minat dan kemampuanmu.

Selamat mencoba!
Semoga sukses dan mahir belajar bahasa asing.

Mungkin Anda juga tertarik dengan artikel dibawah ini:

4 Pilar Belajar versi Badan Pendidikan Dunia

Belajar dan Berjuang Menjadi Indonesia

Belajar Mengevaluasi Diri

DAFTARKAN EMAILMU UNTUK DAPAT BUKU ATAU ARTIKEL GRATIS

Seorang Manusia Biasa Yang Candu Membaca, Menulis dan Berdiskusi. Berkat Candu Itu Saya Menetapkan Hati Menjadi Blogger. Nice To Meet You Guys..!

Post a Comment
GET NOTIFICATIONS